Seorang muslim yang benar adalah senantiasa memperhatikan lahir dan batinnya

Seorang muslim yang benar adalah senantiasa memperhatikan lahir dan batinnya. Menjaga kesucian diri dengan   membersihkan hatinnya  dari kotoran-kotoran syirik, riya', hasud, dengki, sombong, ujub dan sifat-sifat jelek lainnya.
Dan juga harus membersihkan dan menjaga fisik luarnya dari kotoran dan hal- hal yang tidak sedap dipandang mata.
Sesungguhnya tampilan luar, merupakan pancaran cahaya batiniah seseorang. Namun ini yang  terlupakan, sehingga banyak orang sibuk mengurusi tampilan luar, namun batin mengalami kegersangan dan kekeringan.
Sisi lain banyak orang sibuk dengan batinnya namun meninggalkan aspek dhohirnya. Jadinya kehilangan prinsip "tawazzun, keseimbangan  dan keadilan" sebagai hukum Allah yang bersifat universal.

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ ﴿٢٦﴾

"Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat." (Q.S.7:26)

Wallahu a'lamu bish showab

alfaqr-fadloli
Previous
Next Post »