Zuhud Itu Penting untuk Godaan Dunia

Dalam dunia yang senantiasa menggoda, memiliki sikap zuhud amat penting. Zuhud adalah sikap yang tidak menambatkan dan melekatkan dunia, selain Allah pada hati. Sesuatu yang kita cari dan yang kita miliki jangan sampai melupakan cinta dan rindu kita kepada Allah. Kitapun harus memiliki sikap senang dan gembira bila  saudara kita dan orang lain mendapat kenikmatan, dan hilang penyakit   kedengkian dalam diri kita.
Jika saudara kita melakukan kedholiman atau terdholimi serta mendapat  penderitaan, kitapun secepatnya untuk menyelamatkannya dan menolongnya sesuai dengan apa yg kita miliki.

Kita harus tetap zuhud di dunia dan bertawakal kepada Allah. Sebab zuhud itu merupakan fondasi amal, dan tawakal merupakan modal dalam berbagai tingkah laku ruhani.  Bersaksilah kepada Allah dan berpegang teguhlah dalam ucapan-ucapan, tindakan-tindakan, akhlak, dan tingkah laku ruhani. “Barangsiapa berpegang teguh kepada Allah, maka benar-benar ia diberi petunjuk ke  jalan lurus.”

Takutlah untuk bersikap ragu, syirik, tamak, dan berpaling dari Allah demi sesuatu. Sembahlah Allah atas dasar agungnya kedekatan, engkau akan mendapatkan kecintaan dan keistimewaan pilihan,  kekhususan dan kecintaan sebagai kekasih  dari Allah. “Allah adalah Wali bagi orang-orang yang bertaqwa".

"Orang yang tidak dilalaikan oleh perdagangan dan jual beli dari mengingat Allah, melaksanakan salat, dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada hari ketika hati dan penglihatan menjadi guncang (hari Kiamat),"
(Q.S.24:37)

لِيَجْزِيَهُمُ ٱللَّهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا۟ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ ﴿٣٨﴾

"(mereka melakukan itu) agar Allah memberi balasan kepada mereka dengan yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan, dan agar Dia menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa saja yang Dia kehendaki tanpa batas."
(Q.S.24:38)

Wallahu a'lamu bish showab.
alfaqr-fadloli
Previous
Next Post »