Ujian adalah untuk melembutkan hati

Ujian adalah untuk melembutkan hati, meningkatkan kualitas iman, kualitas hidup, untuk merasakan karunia dan kenikmatan Allah, agar bersyukur dan ridha atas  pemberianNya

Barangsiapa yg tidak pernah dpt ujian dan tertimpah musibah, maka ditakutkan dirinya akan menjadi lalai. Sehingga menjadi orang yang berhati keras, memiliki sikap sombong, menganggap remeh nikmat yg diberikan Allah kepadanya, dan tidak mau mensyukurinya.
Berbagai ujian hidup, musibah yang menimpa merupakan salah satu hal yang mampu menggugah hati nurani dan kesadaran seseorang sebagai hamba Allah.

Untuk menjadi orang mulia dan manusia yang kualitas, kualitas iman, ilmu, amal ibadah dan kualitas  aspek kehidupan yang lain adalah bagaimana kita bisa mengatasi dan menyelesaikan setiap ujian, musibah dan persoalan yg kita hadapi dengan cepat sehingga tidak menjadi beban. Kuncinya adalah keyakinan, kesungguhan berusaha dan tawakkal kepada Allah, pasti ada jalan keluar yang terbaik.

أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ ﴿٢﴾

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji?" (Q.S.29:2)

"Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta."
(Q.S.29:3)

Semoga anak2 kita, adik2 kita dan anak saudara kita yg SMU, hari ini mulai Unas sampai hari terahir,  diberi kekuatan integritas pribadi oleh Allah, diberi kemudahan, kesuksesan dan prestasi yang baik di dunia dan akhirat. Aamin.

وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا ﴿٨٠﴾

"Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku)."
(Q.S.17:80)

Wallahu a'lamu bish showab
alfaqr-fadloli.
Previous
Next Post »