Nafsu yang tak ada batasnya

Keinginan nafsu tidak akan pernah ada batasnya, kecuali nafas berhenti sebagai akhir gerak kehidupan dunia. Barangsiapa yang memenuhi setiap keinginan nafsunya, maka dia akan terjerumus ke dalam jurang kehancuran. Jika dia memenuhi satu kemaksiatan yang diinginkan nafsunya, maka nafsu tersebut akan meminta kemaksiatan lainnya. Sehingga tidak ada bentuk kemaksiatan kecil maupun besar kecuali nafsunya terus akan memintanya.

"Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti keinginannya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang dapat memberi petunjuk kepada orang yang telah disesatkan Allah. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi mereka. " (Q.S.30:29)

۞ وَمَآ أُبَرِّئُ نَفْسِىٓ ۚ إِنَّ ٱلنَّفْسَ لَأَمَّارَةٌۢ بِٱلسُّوٓءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّىٓ ۚ إِنَّ رَبِّى غَفُورٌ رَّحِيمٌ ﴿٥٣﴾

"Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(Q.S.12:53)

Wallahu a'lamu bish showab.
alfaqr-Fadloli
Previous
Next Post »