Kedamaian dan Ketenangan Melebihi Segala Kebutuhan

Ketenangan dan kedamaian hati terdapat di dalam bentuk kehidupan yg jauh dari berbagai macam hal yang melebihi dari kebutuhan. Dan sesungguhnya orang-orang yang memiliki kehidupan mewah biasanya selalu terancam oleh berbagai macam angan-angan kosong, bayang-bayang kehidupan yang menyedihkan. Sadarilah bahwa kebahagiaan, kesenangan dan kesehatan terdapat di dalam kehidupan yang jauh dari berbagai macam bentuk kemewahan dan kenikmatan duniawi.
Dalam kehidupan ada orang mewah dan ada yg biasa-biasa.

Antara orang yang mewah dan biasa-biasa tentu masih banyak yg biasa2 dalam realitas kehidupan ini. Lalu apakah kesenangan, kedamaian dan kebahagiaan hanya dimiliki orang yg mewah? tentu tidak, justru orang biasa-biasa itu yg banyak merasa bahagia dengan mensyukuri nikmat Allah.

 وَإِذَآ أَرَدْنَآ أَن نُّهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا۟ فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا ٱلْقَوْلُ فَدَمَّرْنَٰهَا تَدْمِيرًا ﴿١٦﴾

"Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang yang hidup mewah di negeri itu (agar menaati Allah), tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan di dalam (negeri) itu, maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan (hukuman Kami), kemudian Kami binasakan sama sekali (negeri itu)." (Q.S.17:16)

Wallahu a'lamu bish showab
alfaqr- fadloli.
Previous
Next Post »