Menjalani Kehidupan dengan Biasa dan Alami

Kita tinggalkan gegap gembita kegembiraan  gerhana Matahari. Hari ini kita jalani kehidupan dengan biasa dan alami, sehingga dalam hidup ini tidak terjadi hal-hal yang tidak lumrah dan memimbulkan kondisi yang tidak nyaman.
Kita jalani kehidupan ini yang baik, wajar dan tenteram sesuai dengan hak diri kita dan hak orang lain.

Rasulullah mengingatkan kita.
"Sesungguhnya bagi Tuhanmu ada hak atas dirimu yg wajib kamu tunaikan, begitu juga dirimu sendiri ada hak atas dirimu yang harus kamu berikan, keluargamu dan tamu yang berkunjung kepadamu juga memiliki hak yang harus kamu berikan. Maka oleh karena itu, berikanlah hak kepada setiap yang berhak mendapatkannya"

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ ﴿٢٨٦﴾

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."" (Q.S.2:286)

Wallahu a'lamu bish showab
alfaar-fadloli
Previous
Next Post »