Menjadi Yang Terbaik dan Moderat

Islam mengajari umatnya untuk menjadi yang terbaik, menjadi  umat yang  moderat dalam segala hal, tidak berlebihan dan tidak kurang dalam beragama.  Sikap moderat adalah salah satu prinsip ajaran Islam.

Terlalu berlebihan di dalam beribadah dan tenggelam di dalam amal-amal sunnah merupakan sikap yang bisa membuat jiwa kelelahan yang berakhir dengan rasa jemu dan bosan. Begitu juga sikap malas dan lalai di dalam ibadah merupakan tanda jiwa yang rendah dan karakter yang hina.
Orang beriman dan berilmu senantiasa mampu menimbang segala hal dengan baik dan benar, memberikan setiap kesempatan dan acara haknya masing-masing. Setiap ruas organ tubuh kita, jari jemari, mata, telinga, mulut, akal, hati dll. Semuanya punya hak untuk  dipenuhi. Hanya Allah swt. Zat Yang memberi pertolongan.

فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ مَا ٱسْتَطَعْتُمْ وَٱسْمَعُوا۟ وَأَطِيعُوا۟ وَأَنفِقُوا۟ خَيْرًا لِّأَنفُسِكُمْ ۗ وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِۦ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ ﴿١٦﴾

"Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung. " (Q.S.64:16)

Wallahu a'lamu bish showab
alfagr-fadloli
Previous
Next Post »